Gambar pemandangan anak SD

“Anak-anak… Sekarang keluarkan buku gambar kalian, karena hari ini adalah pelajaran menggambar, temanya bebas dan silahkan menggambar apa saja yang kalian mau….”

Begitulah kira-kira ucapan seorang guru terhadap para murid SDnya. Setelah itu pasti murid-murid SD segera mengeluarkan buku gambar, sejurus kemudian para murid sibuk dengan kegiatan menggambar bahkan ada yang becanda atau jahilin teman, sementara guru berlalu menuju ruang kantor untuk melanjutkan pekerjaan lainnya. Kurang lebih satu jam kemudian sang guru masuk kembali untuk mengumpulkan hasil gambar para muridnya. Biasanya buku gambar akan dikumpul dan akan dibagikan kembali pada para murid esok harinya.

Diatas adalah kurang lebih sebuah gambaran situasi pada saat SD yang pernah saya alami. Saya sendiri suka tidak suka pelajaran ini, sukanya karena kalau pelajaran ini, pasti gurunya gak ada, gak sukanya karena gak punya ide mau gambar apa. Mentok-mentok gambar pemandangan dech….

Sudah bisa dipastikan bahwa lebih dari satu murid menggambar pemandangan, dan gambar pemandangan yang saya maksud  adalah dua buah gunung kembar, dengan matahari yang muncul diantara gunung tersebut dibuat membentuk setengan lingkaran, ditambah gambar jalan dibawah gunung tersebut, yang semaking ke atas, semakin mengecil, dan sisanya bervariasi tergantung daya khayal sang murid.

TERNYATA…. Gambar pemandangan yang saya maksud tersebut, hingga kini masih dikenal oleh anak SD, sedikit tertawa dalam hati jika melihat anak-anak SD sekarang sedang menggambar, karena gambar pemandangan tersebut juga termasuk gambar idola mereka…. Lantas siapa yang mengajarkan mereka menggambar seperti itu…. Apakah guru-guru mereka pernah mengajarkan menggambar seperti itu, seingat saya waktu SD, guru gak pernah ngajarin menggambar, mereka cuma menyuruh menggambar bebas atau menggambar sesuai dengan tema yang sudah ditentukan…..

10 Responses to “Gambar pemandangan anak SD”

  1. hahaha itu gambar2nya kayak punya saya duluu….

    eh tapi jaman sekarang anak2 SD ngegambar’a di Painting loh.. tuh si bos anak’a kalo Sabtu suka ke kantor pinjem kompi bikin tugas sekolah.. HEBAT

  2. wah, gambarnya baguss

  3. Juniardi Arijanto Says:

    Gambar typical ini sebenarnya adalah peta rahasia yang terpatri dalam alam bawah sadar semua anak2 Indonesia. Tidak ditemui pada anak2 bangsa lain… Dalam waktu dekat kita akan mengetahui peta apakah ini..

  4. bagus panuntun Says:

    saya bisa menjawab peta rahasia itu. begitu juga dengan kalian. kuncinya carilah rahasia tentang latar belakang nenek moyang kita. dan dari situlah akan terkumpul sebuah jawaban yang syarat dengan istilah semiotika visual. selebihnya ketemu saya saja .he he he. S bagus panuntun. Seni rupa UNNES

  5. mungkin ini refleksi keindahan alam kita, yang perlu diperkenalkan kepada anak kecil untuk mengingatkan keadaan geografis negara kita yang memang memiliki banyak gunung dibandingkan negara lain.

  6. gambar pas banget untuk anak2 sd

  7. FAYRA MADINA AYUNDA Says:

    KEREN:)

  8. FAYRA MADINA AYUNDA Says:

    Pas bangt Yakh ;)

  9. aku suka yang sesudah nya dr pd sblumnyaxzc kwowkwowkwkokwkwk

  10. i like this hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: