Party My Brother (Part 2)

Akhirnya Prosessi akad nikah telah selesai dan berjalan dengan lancar. Sekarang mereka telah resmi menjadi sepasang suami istri…. SELAMAT MENEMPUH HIDUP BARU….

Setelah sesai akad nikah, acara hiburan dan foto keluarga. Setelah itu ada satu acara yakni penyerahan mempelai wanita kepada keluarga dari pihak mempelai pria. Kami beserta rombongan berangkat kerumah, sesampai dirumah, kami disambut oleh para Saudara yang sudah menunggu kedetangan sepasang pengantin. Semua terlihat gembira dengan senyum mengembang… Lega rasanya bisa melewati acara hari ini… Laper… Makan… Tepar……..

Hari Jum’at 08 Mei 2009, kami mempersiapkan segala sesuatu dan perlengkapan untuk acara esok hari… Para pemuda mempersiapkan tempat duduk pengantin yang dilampung disebut Kebung, sementara yang lain mempersiapkan tenda dan panggung. Kaum ibu-ibu ada dibelakang sedang membuat bumbu dan masakan. Masih terlihat suasana gotong royong sesama warga di desa kami.

Hari Sabtu, 09 Mei 2008…… Acara dimulai… Tamu dan undangan sudah mulai datang dan menempati tenda serta ruangan rumah yang sudah disiapkan. Tamu dari keluarga mempelai wanita datang sekitar pukul 09.00, mereka membawa pula perlengkapan rumah tangga yang akan dibeikan kepada pengantin yang biasa disebut SESAN. SESAN merupakan pemberian peralatan rumah tangga kepada mempelai wanita untuk memulai hidup berumah tangga atau berkeluarga.  Setelah semua siap dilakukan acara adat yakni penyambutan tamu dari keluarga mempelai wanita, pemberian gelar kepada pengantin dan pembacaan Paccokh. Gelar yang diberikan oleh Batangan/Tuan Rumah adalah Raja Sampurna untuk mempelai Pria dan Raja Himpunan untuk mempelai Wanita. Ada juga gelar yang diberikan oleh para saudara dekat yang dilampung disebut dengan istilah Kelama dan Lebu. Setelah itu pembacaan Paccokh yang merupakan nasihat dan wejangan kepada pengantin. Acara adat selesai sekitar pulu 12.00… selanjutnya acara santap hidangan, dan istirahat. Terlihat tuan rumah sangat sibuk mempersiapkan segalanya. Pukul 13.00 tamu dari keluarga mempelai wanita pamitan pulang.  Sampil menunggu undangan lainnya, suasana pesta dimeriahkan oleh iringan Orgen Tunggal. Pengantin dituntut untuk bernyanyi bersama keluarga lainnya. Secara keseluruhan acara pesta selesai pukul 17.30.

Hari Minggu 10 Mei 2009, hari terakhir aku berada dilampung, rencana pulang pukul 13.00, tetapi karena harus membantu membereskan segalanya, saya baru bisa pulang pukul 16.00…. Dengan mengendarai sepeda motor kami menuju Tangerang, mampir sebentar di tarahan untuk membeli oleh-oleh (kemplang dan keripik pisang). Sepanjang perjalan dari tarahan sampai bakauheni ditemani oleh hujan yang cukup membuat kami kesulitan dalam mengendarai sepeda motor, ditambah lagi pecah ban di daerah Penengahan Lampung Selatan. Pukul 20.30 sampai di Bakauheni, sampai di Merak pukul 23.00, sampai di tangerang pukul 01.00…. Capek… Lelah… Langsung Tepar… Bangun kesiangan, bolos kerja….. Hari selasa memulai kerja kembali….

—Selesai—

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: