Pengalaman Pertama ngeNet

Tulisan ini aku buat untuk mengikuti salah satu lomba yang diadakan oleh detik.com dalam rangka ulangnya yang ke-11, mengangkat tema “My first Online Experience“, dengan harapan bisa jadi salah satu yang beruntung.

Pertama mengenenal komputer pada tahun 1995, ketika mengikuti kursus (Dos, WS, Lotus). Pada tahun 1996, mulai memasuki dunia kerja. Awalnya saya tahu internet, ketika salah satu bahkan semua karyawan untuk bagian EDP (Elektronik Data Processing) memiliki e-mail yang semuanya menggunakan fasilitas dari Yahoo.com. Ketika saya minta untuk dibuatkan e-mail serupa, mereka tidak bersedia dengan alasan “sudah penuh“. Saya yang memang saat itu tidak mengerti, hanya bisa menerima pernyataan alasan mereka tersebut.

Pada tahun 2000, adalah kali pertama saya mulai Online. Dengan menggunakan fasilitas dari telkomnet instant. Saya diajar oleh seorang Sales Marketing pada perusahaanku yang baru, ketika pertama kalinya berhasil connect perasaan saya biasa saja, karena memang gak ada yang istimewa pada saat menyaksikan connection telkomnet instant. Selanjutnya saya diajar menggunakan Internet Explorer sebagai media browsing saya… membuka halaman google. Menurutnya google merupakan search engine atau alat pencari apa saja yang ingin kita cari… Saya langsung mencoba search dengan key “lampung”… hasilnya banyak banget sesuatu yang berhubungan dengan lampung. Saya coba lagi dengan key lainnya… Hasilnya membuat saya takjub, karena apa yang kita cari semuanya tersedia.

Saya juga diberitahu tentang address bar, dan diajar untuk buat e-mail. E-Mail yang pertama saya miliki adalah hairulef@hotmail.com, tapi sekarang sudah gak aktif lagi, kerena jarang dibuka atau digunakan. Kemudian saya membuat e-mail lagi menggunakan yahoo dengan alamat e-mail : hairulef@yahoo.com. Saya senang sekali, ketika saya menerima e-mail dari teman-teman ku, walau cuma teman kantor dan setiap hari bertemu. Berbagai macam jenis e-mail yang masuk, ada humor/lucu, inspirasi, motivasi, religi dan lain-lain. Saya senang sekali. Mulai dari sini saya diminta teman untuk membuatkan satu email untuknya yakni banjiriqbal@yahoo.com, dan alamat email itulah yang pertama kali saya mengirim e-mail. Senang rasanya waktu pertama kali berhasil mengirim e-mail, dan sejak saat itu saya mulai mengumpulkan alamat-alamat email teman-teman saya.

Karena memang hobi dan memiliki minat besar terhadap dunia komputer dan internet, saya terus belajar dari semua orang dan internet. Saya sering lembur malam hanya ingin bermain internet. Tapi semua terhadang karena perusahaan pailit/tutup pada tahun 2002.

Saya mulai sering main internet sejak tahun 2005, semenjak perusahaanku berlanggan internet connection, bahkan saya dipercaya sebagai admin untuk network dan internet. Tahun 2005 ini saya juga mulai mengenal Ym. Senang sekali saya bisa chat langsung dengan para sahabatku dan atau cari kenalan baru. Saya juga mulai kenal FS dan memiliki account pada situs jejaring sosoal tersebut.

Tahun 2006, saya coba mengembangkan pengetahuan webdesain. Saya mempelajari tentang HTML dan akhirnya membuat sebuah Website pribadi menggunakan jasa hosting gratis. Website pribadi saya menggunakan bahasa HTML dan beralamat di : http://hairulef.110mb.com.  Pada tahun 2008 saya membuat blog, menggunakan wordpress.com. Blog saya mulai aktif bulan April 2008, setelah sebelumnya sempat memiliki beberapa blog, tapi semuanya kandas. Saya terus belajar menulis dengan berbagai tema pada blog saya tersebut. Tetapi pengunjungnya masih sedikit, mungkin karena kurang promosi.

Selain itu saya juga memiliki account di Youtube.com, untuk men-share beberapa video lagu yang saya miliki. Video yang saya share rata2 video lagu daerah lampung, agar saudara-saudaraku yang berasal dari lampung yang sekarang sedang ada di LN atau di kota lain, dapat terus menikmati lagu-lagu daerah lampung.

Senang sekali bisa berinternet dan sekarang hampir setiap hari online, walau hanya sekedar cek e-mail atau lihat blog. Dari internet kita semua dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari berbagai disiplin ilmu. Harapan saya semua masyarakat indonesia dapat menggunakan internet dengan leluasa, tenang dan bebas. Semoga semua dapat terwujud.

One Response to “Pengalaman Pertama ngeNet”

  1. waw, nice experience

Leave a Reply

