Bocah dan Ketenaran

Bocah yang saya maksud disini adalah anak-anak yang berusia dibawah 10 tahun. Apa hubungannya antara bocah dan ketenaran…?? Ketenaran yang saya maksudkan adalah suatu kondisi dimana seseorang yang banyak dikenal, dilihat, diperbincangkan oleh publik atau masyarakat umum.

Bocah, ketenaran dan lagu….
Musik memang diakui sebagai salah satu elemen yang turut memeriahkan kehidupan. Setiap sudut di belahan dunia bisa dipastikan dihiasi oleh musik. Musik memainkan lagu yang menambah kemeriahan musik tersebut. Di Indonesia banyak sekali pemusik atau musisi menciptakan lagu yang terkenal. Apabila lagu yang dibawakan oleh musisi tersebut terkenal maka akan mendapatkan ketenaran yang berbuah keberhasilan meraih berbagai penghargaan musik.

Bagaimana caranya agar lagu menjadi terkenal dan tenar…. Iklan adalah salah satu caranya. Sebuah lagu apabila sering diputar diberbagai media, sudah bisa dipastikan bahwa 60% akan menjadi terkenal dan tenar, selebihnya ditentukan oleh irama, syair dan jenis musik yang dimainkan. Saya berpendapat, bahwa apabila sebuah lagu sudah banyak dinyanyikan oleh para bocah, maka lagu tersebut pasti akan menjadi tenar dan terkenal, walaupun banyak lagu-lagu yang tenar tersebut memuat syair atau lirik yang tidak sesuai dengan usia mereka. Sebagai contoh : ada 2 buah lagu yang sama-sama dibawakan oleh wali yang berjudul “Dik” dan “Emang Dasar”. Dari 2 lagu tersebut, saya lebih menyukai lagu “Dik”, tetapi sepertinya lebih tenar dan lebih banyak didengar adalah lagu “Emang Dasar”. Keponakan saya yang masih berusia 2 tahun yang bicara saja belum kita mengerti maksudnya, apabila mendengar lagu “Emang Dasar”, maka dia akan ikut bernyanyi sambil berteriak…

Setelah lagu Hijau Daun yang berjugul “Suara”, mulai redup, saat ini sepertinya lagu dari Mbah Surip yang berjudul “Tak Gendong”, akan terkenal. Banyak semua kalangan yang menyanyikan lagu tersebut… Saya sempat bermain ketempat teman yang kebetulan banyak anak-anak yang sedang bermain. Sesekali dalam permainan mereka diselingi dengan lagu Mbah Surip tersebut.

Yah inilah kenyataan yang memang benar-benar terjadi di Indonesia…. Jadi buat para musisi, apabila ingin lagunya terkenal, buatlah lagu yang juga bisa terima oleh kalangan anak-anak…, tentu juga harus memperhatikan kualiatas dari lagu tersebut.

Bocah dan ketenaran lainnya
Selain lagu, ada juga yang menjadi tenar karena banyak digunakan oleh anak-anak. Sebagai salah satu contohnya adalah : Mobil Tamia…. Sekitar tahun 1998,  pernah booming yang namanya mobil tamia. Dimana-mana anak-anak main mobil tamia, ditempat-tempat umum, banyak yang menyediakan arena lintasan mobil tamia. Bahkan seringkali diadakan kompetisi balap mobil tamia. Karena seringnya keluar untuk bermain mobil tamia, sepupuku dibelikan seperangkat mobil tamia termasuk lintasan. Banyak teman-teman sekolahnya yang datang kerumah untuk bermain mobil tamia bersama-sama. Sayapun terpengaruh oleh serunya mereka dan ikut bermain bersama mereka.

Akhirnya, saya menarik kesimpulan bahwa ketenaran atau terkenalnya sesuatu juga ditentukan oleh anak-anak akan sesuat tersebut. Sungguh dunia anak-anak memang dunia yang luarbiasa pengaruhnya dalam kehidupan.

One Response to “Bocah dan Ketenaran”

  1. Goeltom Says:

    Gw pnya 2 lagu,mnrt gw lgu gw bgz dan enak di dngr.gw ingin sekali msk dpr rekaman,tp gw tdk pnya duit.bagi lebel musik bantu gw dnk.trima ksh udah membacanya Gbu..!ni no hp gw 081314736717

Leave a Reply

