LIPI Tetapkan Liwa sebagai Kebun Raya di Propins Lampung

Hari minggu malam, saya membaca Runing Text News pada salah satu televisi swasta yang memberitakan bahwa Liwa di tetapkan sebagai Kebun Raya di Propinsi Lampung… Senang dan bangga rasanya…. Hari Senin saya coba cari tahu dengan bantuan Google Search… Ternyata sudah banyak artike tentang Kebun Raya Liwa Lampung.
Salah satu berita yang saya rekomendasikan adalah sebuah berita aktual yang diterbitkan oleh Media Massa Online. Berikut ini adalah petikan berita tersebut yang saya ambil dari : http://www.mediaindonesia.com/read/2009/08/08/89591/92/14/LIPI_Tetapkan_Liwa_sebagai_Kebun_Raya.

LIPI Tetapkan Liwa sebagai Kebun Raya
Minggu, 09 Agustus 2009 23:56 WIB
——————————————

LIWA-MI: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, menetapkan Kota Liwa, Kabupaten Lampung Barat, sebagai Kebun Raya di Provinsi Lampung.

“Saya yakin sekali pembangunan Kebun Raya Liwa ini dapat menyerap wisatawan dari dalam dan luar daerah, bahkan luar negeri, karena merupakan kebun raya satu-satunya di Provinsi Lampung,” kata Bupati Lampung Barat Muklis Basri, di Liwa, Lampung Barat, Minggu )9/8).

Dia menjelaskan, tujuan utama pembangunan kebun raya itu semata-mata sebagai wacana pemerintah untuk dapat mengekploitasi kekayaan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Lampung Barat, juga sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan tentang botani.

“Daerah tersebut sebagai kawasan konservasi hutan dan pusat pengetahuan botani, juga sebagai tempat rekreasi masyarakat Provinsi Lampung,” ujarnya.

Rencana pembangunan kebun raya Liwa, yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) itu, telah dilakukan penyusunan peta wilayah (Master Plan).

Kemudian juga sedang mengerjakan eksploitasi tumbuhan, persiapan pembibitan, dan penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) oleh pemerintah setempat.

“Pengelolaan ini melalui berbagai tahapan yang harus dijalani. Harapan kami kebun raya Liwa ini dapat dikelola dengan baik seperti yang diharapkan,” kata Muklis.

Muklis menjelaskan lebih lanjut, kebun raya Liwa ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung, antara lain pembanguan plaza, museum, restauran, dan taman hamtubiu sebagai tempat rekreasi yang mampu menarik minat wisatawan.

Dia juga mengharapkan, dengan pembangunan ini Kabupaten Lampung Barat jadi daerah yang memiliki kebun raya yang mampu memberikan pembelajaran sekaligus tempat rekreasi yang menarik, sehingga berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lampung Barat.

Sementara luas lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan sarana itu mencapai 1.023.330.20 meter persegi (M2), dengan anggaran biaya mencapai Rp363 miliar.

Dengan ditetapkannya Kebun Raya Liwa, Lampung Barat, kebun raya di Indonesia bertambah dari lima menjadi enam kebuan raya. Yakni Kebun Raya Bogor, Cibodas, Purwodadi (Jawa Tengah), Eka Karya (Bali), Batu Raden, dan Kebun Raya Liwa. (Ant/OL-7)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: