Penggunaan kata “Cancel” dalam keseharian

Saat ini penggunakan kata “Cancel” dalam perbincangan sehari-hari sudah menjadi konsumsi semua kalangan. Dalam keseharian kita sering menggunakan kata “Cancel”, yang juga bisa berarti Batal.

Saya masih ingat dulu ketika pertama kali bekerja sekitar tahun 1996, jarang sekali saya mendengar kata “Cancel” dalam perbincangan sehari-hari. Yang saya tahu, kata “Cancel” adalah kata yang merupakan istilah komputer yang berarti batal. Jadi ketika pertama kali saya mendengar kata “Cancel” yang digunakan oleh Manager Personalia yang memberi perintah untuk membatalkan pengumuman yang sudah saya buat, saya berpikir bahwa Manager Personalia tersebut, mengerti soal komputer. Padahal saya tahu kalo sebenarnya Manager Personalia itu, sama sekali tidak mengerti soal komputer.

Belakangan saya tahu dengan sendirinya bahwa kata “Cancel” yang sering kita jumpai pada program komputer, merupakan kata yang diambil dari bahasa inggris yang berarti “Batal/Batalkan/membatalkan”. Jadi sah-sah saja jika digunakan dalam perbincangan keseharian apalagi pada komunitas dunia kerja.

Saat ini saya sudah sering mendengar beberapa kata dalam bahasa inggris yang digunakan dalam perbincangan keseharian seperti : Peace=damai, Face=Wajah, enjoy=menikmati dan masih banyak lagi. Kalo terus berlangsung seperti ini, kata-kata yang ada bahasa indonesia lalu di ganti dengan bahasa inggris.. Bukan tidak mungkin beberapa puluh tahun nanti rakyat indonesa faseh dan terbiasa menggunakan bahasa inggris. Asal jangan sampai kelewatan dan melupakan bahasa ibu kita yakni bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa ini.

Leave a Reply

