Vector Image

serius-(oke)75Gambar vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun …diperbesar atau diperkecil. Gambar vektor umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya: SVG, EPS, dan CDR ., (http://id.wikipedia.org/wiki/Gambar_vektor)

Beberapa hari belakangan ini saya lagi doyan belajar photoshop. Tapi bingung mencari bahan pembelajaran. Teori terus tanpa praktek, saya rasa sulit untuk bisa. Coba cari dulu tutorial di berbagai tempat. Saya tertarik dengan sub tutorial Photoshop mengenai gambar vektor atau lebih keren disebut Vector Image. Coba pelajari dan praktek langsung dengan menggunakan beberapa foto teman di Facebook. Penasaran, seru dan mengasikkan.. Itu kesan pertama yang saya rasakan waktu pertama kali belajar menggambar vektor. Terkadang saya tertawa sendiri sewaktu menggambar vektor ini.

Kebetulan sedang “pensiun” kerja, jadi punya banyak waktu untuk menggambar vektor. Akhirnya 8 buah gambar vector berhasil saya selesaikan dan membutuhkan waktu 3 hari 3 malam, menghabiskan 4 bungkus rokok, lebih dari 10 gelas kopi dan teh manis, cemilan, dll. Hasilnya saya upload ke Album Foto Facebook. Sampai tulisan ini dibuat, baru ada 1 comment, karena album ini saya upload pagi hari kira-kira pukul 02:00.

Ternyata menggambar vektor bisa dibilang mudah. Karena dalam menggambar vector, anggap saja kita sedang mewarnai. Seperti anak-anak TK yang sedang mewarnai atau mengganti warna sebuah foto. Atau juga bisa dianggap sedang bermain Puzzle… Dimana kita sedang memegang guntingan kertas warna yang akan di lekatkan pada bagian-bagian yang sesuai dengan bentuk, ukuran dan warna guntigan kertas warna tersebut, sehingga terbentuklah gambar yang kita inginkan. Bedanya, dikerjakan dengan menggunakan Photoshop.

Mudah-mudahan teman-teman yang fotonya di buat sebagai acuan atau bahan atau pola dalam pembuatan gambar veckor, tidak komplain. Seandainya pun mereka komplain saya akan menghilangkan gambar mereka dari album saya tersebut.

Setelah mempelajari tentang menggambar vektor, saya semakin cinta terhadapa Photoshop. Tapi masih bingung karena minimnya ide yang digunakan untuk praktek langsung Photoshop. Buat para netter semua, minta ide dong, biar bisa praktek langsung photoshop.

Leave a Reply

