N73 dan SE W890i ku belajar berenang

Penyelamatan HP setelah terkena air.

Pengalaman ini terjadi pada hari Selasa (06/07). Dua HP (N73 dan SE W890i) saya terjatuh kedalam bak mandi. Celakanya lagi, saya baru menyadari bahwa HP saya terjatuh setelah kurang lebih 10 menit HP saya tersebut mendekam di dasar bak mandi. Ketika diangkat, kedua HP tersebut dalam keadaan mati, segera saya lepaskan Battrey. Terlihat pada layar Hp ada air yang berhasil menyusup kedalam LCD HP tersebut, saya berusaha untuk mengurangi debit air pada layar HP dengan cara mengoyang dan memiringkan HP, ada sedikit air yang keluar. Nampak pada layar HP masih terdapat air. Kemudian HP tersebut saya jemur kurang lebih 2 jam, karena hari mendung, saya tidak melanjutkan jemuran HP tersebut. Lalu HP tersebut coba saya hangatkan dengan cara menaruh diatas monitor komputer, sekilas pada suhu hangat, embun air mulai berkurang. N73, yang terlihat lebih parah dari SE W890i, saya hangatkan pada tempat yang lebih panas, yakni menggunakan heater. 3 jam kemudian, HP SE W890i, sudah tidak berembun lagi, tapi saya masih ragu untuk menghidupkannya. Saya hangatkan kembali kurang lebih 30 menit, lalu coba untuk menyalakan HP SE W890i, hasilnya HP tersebut berhasil hidup dengan normal, setting pada HP juga tidak berubah. Lega rasanya, tapi saya tidak ingin menyalakan lebih lama lagi.

Sepulang kerja, saya langsung mencoba HP SE W890i, untuk menelpon dan SMS, ternyata bisa dan semua berjalan normal. Lega rasanya, karena HP SE W890i berhasil kembali normal. Untuk lebih menyakinkan HP SE W890i saya taruh diatas monitor komputer, agar lebih hangat dan lebih kering pikirku.

Beralih ke HP N73, saya coba nyalakan, behasil sesaat kemudian redup dan akhirnya mati. Memang masih terlihat embun air dilayar HP. Cemas begitu perasaanku, tetapi saya tetap tenang. Hangatkan kembali diatas monitor, satu jam kemudian coba hidupkan kembali, berhasil tetapi tetap beberapa saat kemudian redup dan mati, coba paksa nyalakan kembali, tidak berhasil. Geletakkan kembali diatas monitor komputer. 3 jam kemudian saya coba nyalakan kembali, embun air berkurang, bisa hidup lebih lama. Segera saya lakukan backup data dari memory HP ke Memory Card. Setelah selesai backup data, HP saya matikan dan taruh kembali diatas monitor.

Sementara HP SE W890i, hidup dengan normal bisa melakukan telp, sms dan internet. Sementara hanya HP SE W890i yang menemani aktifitas saya selanjutnya.

2 hari kemudian yakni hari kamis (09/07), saya coba menyalakan N73, embun sudah tidak nampak, dan N73 nyala dengan normal. Untuk lebih menyakinkan, N73 saya taruh kembali diatas monitor, baru hari Minggu (11/7), saya berani untuk menggunakan kembali N73 tersebut.

Alhamdulillah, kedua HP saya bisa sembuh dan kembali normal sampai sekarang.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan pelajaran untuk mengatasi HP yang terendam air.
• Segera lepas Battrey HP dan terus berusaha untuk mengeluarkan air yang terlihat pada layar HP.
• Kondisikan HP pada suhu hangat sampai embun pada layar HP, benar-benar habis.
• Jangan menghidupkan HP apabila masih terlihat embun pada layar HP.
• Walau embun pada layar HP sudah habis, ada baiknya tidak memaksakan untuk menggunakan HP.
• Hangatkan suhu HP untuk beberapa hari kedepan, guna menyakinkan agar HP benar-benar kering.

Semoga pengalaman ini berguna.

2 Responses to “N73 dan SE W890i ku belajar berenang”

  1. bang sony emang kereen!!

    two thumb!!

    cinta mate dech ma bang sony😉

    pertanyaannya kok iso nyempLung semua ituh Loch🙄
    kekamar mandi sampe dibawa bawa hpnya😀

  2. music sites

    N73 dan SE W890i ku belajar berenang | The Orange Blog

Leave a Reply

