Capek, lelah dan bosan bekerja

Hari-hari belakangan ini saya merasa capek dan lelah bekerja, ditambah lagi dengan rutinitas yang membosankan… Belum lagi bila sedang di marah bos, kesal sekali rasanya.

Beberapa hari kemudian, seorang sahabat bertanya dan membuat pernyataan kepada ku “Bertahun-tahun bekerja di Perusahaan, apa tidak bosan……? Apa masih mau terikat aturan yang ada dengan rutinitas yang membosankan……? Kita bekerja diperusahaan dengan gaji Rp. 1,5jt perbulan, tahu tidak penghasilan yang didapat oleh pemilik perusahaan bisa mencapai 5 kali lipat dari penghasilan kita. Kenapa gak coba usaha sendiri yang lebih bebas dan tidak terikat……!!!”. Pernyataan sahabat tersebut membuat saya berpikir keras, betapa tidak, kita bekerja selama 1 bulan dengan penghasilah 1,5jt, sementara hasil yang didapat pengusaha dari kerja kita mencapai 5 kali lipat penghasilan kita… Benarkan demikian…?? Gak tahu.. Gak ngeti, belum pernah jadi pengusaha masalahnya.

Coba CurHat dengan sahabat yang lain yang memiliki usaha sendiri. Begini tanggapannya : “Saya memulai usaha ini beberapa tahun yang lalu, dengan modal yang 100% harus milik saya dan harus saya siapkan. Penhasilan yang saya dapat dari usaha ini dengan penghasilan yang saya dapat dari bekerja pada perusahaan, tidak jauh berbeda, bahkan ada kalanya jauh dibawah penghasilan waktu bekerja pada perusahaan. Yang membuat saya tetap mempertahankan usaha ini adalah karena dengan usaha sendiri, saya bisa lebih dekat dengan keluarga, meningkatkan kadar keimaan dan ketaqwaan kepada Allah. Tetapi tetap harus berpikir keras bagaimana caranya agar dapat order yang banyak, mensiasati supaya tidak merugi, agar bisa membayar gaji karyawan dan syukur-syukur ada lebih untuk keluarga”.
Bingung… Bingung… Aku bingung……
Pusing… Pusing… Aku pusing……

Aku ingin berusaha sendiri dan tidak terikat oleh segala macam aturan dan rutinitas yang begitu-begitu saja… Sempat terpikir untuk berjualan gorengan, tapi beberapa sahabat belum mendukung, karena resiko kerugian berjualan gorengan. Saya ingin sekali berusaha warnet, karena saya yang hobi komputer dan bebas waktu tanpa terikat, tetapi kendala modal menghalangi. Modal awal yang diperlukan untuk usaha internet dengan 10 komputer mencapai 50jt… Sementara saya hanya punya uang 5jt… Ha… Ha… Haa….. banyak banget kurangnya… Usaha apa ya… yang kira-kira bisa saya jalankan. Terus berpikir sambil beraktifitas bekerja sebelum mendapatkan ide usaha…..

Leave a Reply

