Jualan kaos tidak laku….

Karena sering mendengar CurHat keluhan saya, seorang Sahabat menawarkan untuk berjualan kaos… Kaos Distro berkualiatas dengan harga miring… Ah… Tidak ada salahnya untuk mencoba, toh berjualan kaos tidak berdosa, tidak juga melanggar peraturan yang ada.

Saya menyanggupi untuk mencoba berjualan kaos dengan system ambil barang, jual, setor. Tidak perlu modal, yang diperlukan adalah kemuan dan menghilangkan rasa malu yang memang merupakan salah satu kendala.

Saya mengambil beberapa potong kaos dengan ukuran yang beda untuk mencoba dijual. Untuk kaos anak-anak (1-3 th) saya harus setor 25rb/potong, kaos anak-anak (4-8 th) saya harus setor 27rb/potong, untuk dewasa (diatas 8 th) saya harus setor antara 30rb/potong sampai 35rb/potong.

Hari Minggu (24/10), pukul 6:30 saya dengan ditemani oleh teman mencoba untuk menjual kaos tersebut dengan cara menggelar/membuka lapak di salah satu perumahan yang memang menyediakan tempat untuk berjualan. Setiap minggu pagi selalu banyak pengunjungnya. Ternyata banyak juga yang berjualan, macam-macam jualan ada, dari makanan, minuman, mainan anak sampai sayur segar pun ada. Orang-orangpun banyak berlalu lalang, saya terus mencoba menawarkan kaos yang saya jual. Ada beberapa pengunjung yang mampir dan melihat-lihat kaos jualan saya, mereka berminat memilikinya, tapi karena tidak ada kesepakatan harga, transaksi pun gagal.

Sampai pukul 9:00 terus berusaha, akhirnya karena matahari sudah mulai menyengat, dan pengunjungpun satu persatu meninggalkan arena, maka saya dan teman memutuskan untuk menggulung lapak dan mengemas kembali kaos-kaos jualan kami. Dan hari ini tidak ada transaksi yang terjadi.

Sesampai dirumah, kami berdiskusi… Pertanyaannya : “Mengapa kaos jualan kami tidak laku…?”. Kalau dilihat dari kualitas (bahan, jahitan, motif), tidak kalah dengan yang lain bahkan mungkin kami lebih baik dari pedagang lain, tapi mengapa tida laku…?. Mungkin dari harga… Kami menawarkan kepada calon pembeli untuk kaos anak-anak (1-3 th) 30rb/potong, kaos anak-anak (4-8 th) 35rb/potong, untuk dewasa (diatas 8 th) 40rb/potong. Mereka menawar sama seperti modal kami bahkan dibawah nilai yang harus kami setor. Sungguh tidak mungkin kami menjual dengan harga begitu. Bukan untuk malah buntung bisa jadi.

Ah… mungkin kali ini gagal menjual, tapi saya yakin yang akan datang pasti bisa menjual… Amieeennn…

2 Responses to “Jualan kaos tidak laku….”

  1. coba lagi.
    jangan menyerah dihari itu…

    ayo semangad!

  2. Numpang promosi ya mas
    silahkan kunjungi situs kami
    http://www.sepatuindonesia.net
    produk yang kami jual adalah produk fashion asli indonesia

Leave a Reply

