PLN mati, komputer error… HIREN’S BOOT CD penyelamat…

Kejadian terjadi pada hari Minggu (24/10). Saya sedang terbuai mimpi siang, sedangkan adikku tengah asik dengan komputer dan internet (KomNet). Pukul 13:00, aku terbangun, adikku masih asik dengan KomNet, sementara cuaca diluar mendung hendak turun hujan. Aku melanjutkan petualangan ku di “Pulau Kasur”, yang sempat terputus. Aku terbangun pukul 15:00, adikku sedang tidak dengan KomNet lagi, dia hanya nonton televisi. Aku langsung menuju KomNet, coba hidupkan, tapiiiiiii… Tampilannya aneh, terdapat pesan yang mengatakan bahwa tidak ada OS… Mampuss… pikirku…. Coba tanya dengan adik, ternyata tadi sempat mati lampu yang membuat KomNet mati mendadak, dan ketika akan dinyalakan kembali, tidak bisa.

UUGGHH…. Kesal sekali rasanya… Disaat saya membutuhkan KomNet, pakai acara error lagi nich KomNet… Yang lebih parahnya adalah semua partisi di hardisk hilang, sehingga semua data yang ada di hardisk turut lenyap.

Coba Install ulang, gagal terus karena CD Installnya bermasalah. Untung sebelumnya saya sempat membuat GHOST System dasar KomNet saya, sehingga tidak sampai 30 menit, OS dasar berhasil di Install, tinggal menginstall Software Supportnya…..

Pukul 20:00 semua selesai terinstall. Mengambil pelajaran agar data tidak hilang, coba untuk menambahkan hardisk slave. Hardisk terdeteksi, tapi cuma 8,01gb sedangkan kapasitas hardisk tersebut adalah 80gb… Dimana yang lain…??? Coba format hardisk, yang memakan waktu cukup lama ± 30 menit, ternyata formatted uncompleted. Format ulang, hasilnya tetap uncompleted… Kepala semakin sakit… KomNet sudah bisa digunakan, tapi hardisk data gak ada…

Terus berusaha agar bisa, mengunakan Mini PE, Hardisk Manager, Partition Magic, DOS Command… Tetap gagal…. Nekad mengunakan LLF (Low Level Format), ini program jalannya lambat sekali, dari pukul 22:00 sampai 01:00 masih 50%, tinggal tidur. Terbangun pukul 04:00, masih 85%, tinggal tidur lagi, bangun pukul 06:00 KomNet telah mati. Kemungkian besar adalah turun listrik. Tinggal mandi… selama mandi terus berpikir tentang software untuk format hardisk.. Mengapa tidak mencoba format hardisk data mengunakan HIREN’S BOOT CD. HIREN’S BOOT CD adalah sebuah CD boot yang berisi berbagai program diagnostik seperti agen partisi, tolak ukur kinerja sistem, disk kloning dan alat imaging, data recovery tools, MBR tools, BIOS tools, dan banyak lainnya untuk memperbaiki berbagai masalah komputer. CD Ini adalah Bootable sehingga, dapat berguna bahkan jika sistem operasi primer tidak dapat di-boot.

Selesai mandi, lalu berpakaian. Ditemani dengan segelas kopi dan rokok, mencoba menggunakan HIREN’S BOOT CD, ternyata hardisk terdeteksi 76gb, langsung lakukan format dan BERHASILLLLL….

Puas rasanya setelah semalaman dibikin pusing… Oh sudah jam 07:00… waktunya berangkat kerja…..

2 Responses to “PLN mati, komputer error… HIREN’S BOOT CD penyelamat…”

  1. ya olloooooh..

    ternyata akibat dari mati lampu itu..*ckckc…

  2. Budi Cahyono Says:

    Hi Salam kenal, nama saya Budi dan sedang mencari blog2 yang memakai tema Black Letterhead sebagai teman..

    Ditunggu kunjungan baliknya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: